Hal - hal yang perlu diperhatikan sebelum membangun Tiny House Impian

Sebelum Anda membangun tiny house impian anda, lakukan riset. Dalam beberapa kasus, membangun tiny house bisa menjadi masalah besar saat calon penghuninya tidak begitu paham seputar seluk beluk tiny house . Memahami proses dari awal hingga akhir dapat membantu Anda memutuskan apakah tiny house harus menjadi bagian dari masa depan Anda atau sebaliknya.

1. Pendahuluan
Sebelum Anda memutuskan untuk tinggal di sebuah tiny house, langkah awal yang bisa dilakukan yaitu melakukan riset dan pemikiran yang matang. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda pikirkan secara obyektif untuk memutuskan apakah ini merupakan opsi yang layak untuk Anda dan keluarga Anda.
  • Pelajari peraturan kota.
    Cari tahu peraturan apa yang diterapkan di kota Anda tentang rumah mungil dan pertimbangkan bagaimana ini dapat memengaruhi proses pembangunan.
  • Perhatikan lahan
    Apakah Anda memilih rumah mungil beroda atau tak beroda, jangan lupa untuk menambahkan biaya tanah ke dalam anggaran bangunan Anda. Jika tanah membuat biaya menjadi mahal, Anda dapat mempertimbangkan untuk menyewa tanah, atau mencari lokasi yang lebih terjangkau.
  • Pertimbangkan motivasi Anda.
    Pahami mengapa rumah-rumah mungil menarik bagi Anda. Apakah hanya karena sekarang sedang nge-tren? Atau apakah Anda ingin menerapkan gaya hidup minimalis? Karena rumah mungil adalah bagian dari hidup anda, Anda harus memiliki motivasi yang kuat untuk membuat perubahan besar pada gaya hidup Anda saat ini.
  • Latihan
    Jika merasa tidak yakin apakah tinggal di rumah mungil cocok atau tidak, anda bisa melakukan latihan kecil kecilan. Sewa penginapan bergaya tiny house untuk akhir pekan dan lihat apakah Anda menyukainya atau sebaliknya.
  • Harga per meter persegi.
    Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa rumah mungil tidak selalu memberi yang terbaik untuk anggaran Anda. Selalu cek harga rumah dan tanah per meter persegi dan membandingkannya dengan pilihan hidup lainnya seperti rumah subsidi atau tempat tinggal yang lebih murah lainnya.
2. Merancang Tiny House
Jika Anda sudah mantap memutuskan untuk membangun tiny house, Anda harus tahu bahwa proses desainnya sangat berbeda dengan mendesain rumah biasa. Penting untuk bekerja dengan desainer yang tahu cara memaksimalkan setiap inci persegi rumah Anda dengan solusi cerdas. Kunci untuk mencintai tiny house Anda adalah layak huni. Pertimbangkan faktor-faktor ini ketika mengerjakan desain tiny house :
  • Temukan desainer yang tepat.
    Cari perancang yang berspesialisasi dalam rumah mungil. Merancang tiny house membutuhkan banyak keahlian. Anda mungkin dapat membuat sketsa gambaran umum denah lantai yang Anda inginkan, tetapi untuk detailnya alangkah baiknya jika diserahkan kepada seorang ahli.
  • Mulai downsizing.
    Mulailah memililah barang – barang anda sekarang yang masih dibutuhkan untuk tinggal di tiny house impian anda. Hindari penumpukan barang.
  • Ukur semuanya.
    Siapkan alat ukur yang mudah digunakan untuk memandu proses desain untuk menentukan furniture yang pas untuk diletakkan di tiny house anda.
  • Beri diri Anda ruang gerak.
    Ruang gerak sangat penting di sebuah tiny house agar rumah tidak terasa sesak
3. Memulai Pembangunan
Setelah desain tiny house yang Anda sukai sudah siap untuk dibuat, saatnya anda perhatikan hal hal berikut ini sebelum memulai pembangunan tiny house.
  • Gunakan jasa tiny house builder
    Gunakan jasa tiny house builder (pembangun) untuk mengawasi dan merancang hal hal mendetail proyek seperti pipa ledeng dan kelistrikan jika Anda seorang yang awam dalam hal tiny house.
  • Hindari perubahan yang terlalu mencolok.
    Bangun tiny house yang tidak terlalu berbeda jauh dengan cara hidup Anda saat ini untuk transisi yang lebih mudah.
  • Perhatikan Anggaran
    Jangan lupa untuk membuat anggaran bangunan yang masuk akal. Tentu Anda mungkin bisa membangun rumah dengan harga murah, tetapi ada biaya lain yang harus dikeluarkan. Tambahkan tanah, peningkatan lahan, dan biaya utilitas.
4. Hidup di Tiny House
Ingatlah bahwa pindah ke rumah mungil bisa menjadi penyesuaian besar. Beri diri Anda waktu untuk terbiasa dengan pengaturan baru dengan beradaptasi sedikit demi sedikit.
  • Jaga agar tetap bersih.
    Rumah mungil biasanya lebih cepat berantakan. Sediakan ruang penyimpanan yang baik dan pastikan rumah Anda tetap rapi dan bersih
  • Maksimalkan ruang luar.
    Ruang luar yang mengelilingi rumah mungil Anda dapat membuat tempat tinggal Anda terasa jauh lebih luas. Tempat duduk dan area memasak di luar dapat menghilangkan perasaan sempit di tiny house
Rumah mungil selalu terlihat trendi, cantik dan ramping di tv maupun internet. Namun penting untuk diingat bahwa ruang kecil itu dihuni oleh orang sungguhan setelah kamera berhenti merekam. Dalam kehidupan nyata, rumah menjadi berantakan,dan ruang menjadi sempit. Dengan menjalankan proses dari riset dan pengamatan sampai dengan pembangunan dan tinggal di rumah mungil, anda bisa lebih siap mengalami perubahan dalam gaya hidup anda di masa depan.

Article source: freshome.com


Komentar

Postingan Populer