Rahasia Dibalik Desain Keren Tiny House Jepang

image source : pinterest

Sepetak tanah yang sempit mungkin tidak akan menarik perhatian Anda. Namun bagi arsitek Jepang Yasuhiro Yamashita dari Atelier Tekuto, itu adalah hal yang menarik. Perancang veteran kyosho jutaku atau tiny house di Jepang, Yamashita telah membangun lebih dari 300 rumah, masing-masing berbentuk unik dan memiliki ciri khas. Berbeda dari kebanyakan rumah biasa, ciri khas yang dimiliki rumah ini adalah ukurannya - proyek Yamashita bisa dibangun mulai dari tanah yang hanya seluas 7m2 Permintaan untuk tiny house di Jepang sebagian disebabkan oleh kelangkaan tanah, harga properti dan pajak yang tinggi, serta bahaya yang ditimbulkan oleh gempa bumi dan angin topan di Jepang.
"Di Jepang, ada pepatah ('tatte hanjo nete ichijo') bahwa Anda tidak memerlukan lebih dari setengah tikar tatami untuk berdiri dan tikar penuh untuk tidur," kata Yamashita. 
Di bawah ini, Yamashita membeberkan strategi untuk membuat rumah mungil terasa lebih lega.

Hilangkan kecanggungan
"Potongan tanah asimetris seringkali bisa didapat dengan harga lebih murah daripada yang lain. Ini adalah pekerjaan arsitek untuk bekerja dengan tanah yang tersedia dan memenuhi keinginan klien, "kata Yamashita. "'Lucky Drops', sebuah rumah di pusat kota Tokyo merupakan contoh yang bagus. Bangunan itu dibangun di atas sisa-sisa tanah yang lebih murah karena berbentuk trapesium yang tidak beraturan. Kita harus kreatif, tapi bisa menghasilkan karya yang indah. Ada pepatah dalam bahasa Jepang, bahwa setetes anggur terakhir dianggap yang membawa keberuntungan. Itulah inspirasinya." ujar Yamashita

Bangunlah menjulang ke atas
"Bila Anda melihat area di 2D, itu mungkin tampak sangat kecil, mungkin plotnya hanya beberapa meter. Tapi berpikirlah dalam hal volume, Anda bisa membangun rumah lebih tinggi dan menciptakan lebih banyak ruang. Saya mencoba membuat rumah terasa seperti menjulang ke atas ke langit, sehingga langit hampir menjadi  bagian dari rumah tersebut. Saya juga membangun langit-langit tinggi, sehingga Anda tidak akan merasa sempit. "

Menyatu dengan alam
"Di Jepang, sekitar 70%nya adalah gunung dan hutan dan 30% lahannya agak datar sehingga lebih cocok untuk tempat tinggal dan lahan pertanian. Meski begitu, kami tidak berusaha melawan alam. Kami mencoba untuk hidup bersamanya. Anda bisa melihat ini di rumah yang kami desain. Sebagian besar rumah kami menggabungkan bahan alami dan jendela besar untuk membiarkan banyak cahaya matahari masuk."

Berpikir kreatif
"Alih-alih mengaplikasikan sudut persegi tradisional, saya sering memotong pinggiran rumah menjadi bentuk segitiga. Hal ini menciptakan lebih banyak area permukaan dan lebih banyak ruang untuk jendela. Selalu ada sudut yang terbuka ke langit. Dengan begitu, saat matahari bergerak, rumah selalu dipenuhi cahaya alami. "

Gunakan warna monokrom
"Apa yang Anda lihat menginformasikan 60% persepsi Anda tentang sebuah ruang. Bayangkan bahwa Anda berada di dalam cangkang telur, dengan warna dan tekstur yang sama. Tidak ada awal atau akhir yang sebenarnya, tidak ada sudut nyata.
Ini adalah efek visual yang akan membuat ruang terlihat lebih besar. Saya pikir warna putih membuat ruangan terlihat lebih besar, saya lebih suka menggunakan warna alami bahan daripada mengecatnya. "

Gunakan bahan reflektif
"Untuk menciptakan ilusi optik, saya menggunakan fitur stainless steel yang dipoles. Mereka memantulkan cahaya dan membuat area tampak lebih besar. Saya menggunakan stainless steel di dapur dan di kamar mandi untuk membuat ruangan terasa lebih luas. "

Buatlah penyimpanan tersembunyi
"Orang cenderung mengumpulkan banyak barang dari waktu ke waktu. Saya ingin semuanya disembunyikan, tidak terlihat, jadi saya membangun banyak tempat penyimpanan tak terlihat di dalam rumah. Jika Anda membiarkan ruangan terbuka lebar dan tidak berantakan, maka sulit bagi orang untuk benar-benar memahami ukuran ruang yang sebenarnya. "

Ciptakan sesuatu yang baru
"Saya menghabiskan banyak waktu untuk mengembangkan material baru dari apa yang orang lain anggap sebagai 'sampah'. Saya seperti pemulung sampah. Jika saya menemukan bahan yang tidak umum digunakan atau telah dibuang, maka saya menjadi sangat bersemangat untuk menciptakan sesuatu yang baru dari sampah tersebut. Jika saya tidak dapat menemukan bahan yang sesuai dengan strukturnya, maka saya membuat yang baru. Misalnya, saya tidak suka dengan semen yang digunakan untuk rumah di Jepang, jadi saya bekerja dengan Universitas Tokyo untuk mengembangkan semen tipe baru. Seperti semen Shirasu yang dapat didaur ulang kami terbuat dari endapan abu vulkanik.

Personalisasikan rumah Anda

"Beberapa faktor mempengaruhi desain saya - kekhasan tanah, cara cahaya menyentuh properti, lingkungan sekitar, dan permintaan pribadi klien. Rumah sangat bersifat pribadi. Klien menginginkan desain yang kuat dan tajam. Dari situlah, saya memilih bahan berdasarkan desain, tergantung dari apa yang terbaik untuk ruangan tersebut.”

source : cw39.com

Komentar

Postingan Populer