7 Hal Penting yang Perlu di Perhatikan untuk Merawat Tanaman di Dalam Ruangan






Menempatkan tanaman di dalam ruangan tidak hanya untuk mempercantik interior. Sebagai contoh keberadaan tanaman hijau ditempatkan di dalam ruangan digunakan sebagai anti polutan. Agar udara di dalam ruangan tetap terjaga, pertumbuhan tanaman-tanaman ini juga perlu diperhatikan. Jangan sampai tujuan menempatkan tanaman-tanaman di ruangan untuk menjaga kualitas udara agar tetap bersih dan lebih sehat malah terjadi sebaliknya. Untuk itu, tujuh hal berikut perlu diperhatikan agar tanaman-tanaman dalam ruangan bisa tumbuh dengan baik dan kita mendapatkan manfaatnya.

1. Suhu

Jenis-jenis tanaman yang di rekomendasikan untuk di tempatkan di dalam ruangan memang memiliki toleransi cukup tinggi terhadap suhu.
Tapi menjaga suhu di dalam ruangan agar tetap berada di kisaran 22 derajat Celcius di waktu malam dan 24 derajat Celcius di waktu siang disarankan agar tanaman bisa dapat tetap tumbuh dengan baik.
Jika suhu ruangan lebih panas dari 24 derajat Celcius di waktu siang seperti pada musim kemarau yang panjang, membuka jendela dapat mengalirkan udara segar untuk menyejukkan tanaman.

2. Air
             
Hindari memberi air terlalu sering pada tanaman yang diletakkan di dalam ruangan. Tanah yang terlalu basah membuat tanaman cepat mati karena akarnya yang membusuk.
Cukup rasakan tanah di dalam pot untuk memeriksa kelembapannya. Air yang disiram juga harus mengalir hingga ke bawah karena akar tanaman akan tumbuh ke atas jika kelembapan hanya di permukaan tanah saja dan akan memengaruhi kecantikan tampilan tanaman.

3. Kelembapan
Poin yang satu ini menjadi catatan penting bagi ruangan dengan air conditioner (AC). Penggunaan AC dapat menurunkan kelembapan udara; salah satunya, dapat terlihat dari daun-daun yang tampak layu atau berubah warna menjadi cokelat.
Oleh karena itu, letakkan sebuah wadah kecil berisi air di dekat tanaman, atau kerikil yang dibasahi air misalhnya. Air yang menguap akan menciptakan kelembapan di sekitar tanaman.

4. Cahaya
             

Kita semua tahu bahwa tanaman akan tumbuh ke arah cahaya matahari. Oleh sebab itu, dengan memutar tanaman secara berkala dapat membantu bentuk tumbuh tanaman.
Tanaman juga perlu sesekali di bawa ke luar ruangan paling tidak dua minggu sekali. Namun, meski sinar matahari sangat baik untuk pertumbuhan tanaman, hindari paparan langsung seperti meletakannya di sisi kaca jendela yang langsung terkena sinar matahari.
Paparan sinar matahari langsung yang berlebihan dapat merusak kecantikan daun.

5. Pemupukan

Lakukan pemupukan sederhana selama dua minggu sekali. Gunakan pupuk memiliki keseimbangan nitrogen untuk pertumbuhan batang dan daun.
Sementara itu, agar akar tumbuh kuat, unsur fosfor amat dibutuhkan. Agar tanaman kuat dan kokoh, perhatikan unur kalium yang tinggi pada kandungan pupuk.

6. Pot

Selain pilihan pot yang menawan, pemilihan wadah untuk tanaman di dalam ruangan pun memengaruhi pertumbuhannya. Gantilah pot secara berkala karena tanaman tidak dapat tumbuh selamanya di pot yang sama.
Pot yang baru juga harus berukuran lebih besar dari yang sebelumnya karena kebutuhan ruang yang lebih besar bagi akarnya terutama. Jangan cuma cantik, pot juga harus memiliki lubang drainase di bagian bawahnya.
Pot berbahan plastik dan tanah liat juga baik digunakan karena dapat menjaga kelambapan tanah lebih lama.

7. Pemangkasan
                    

Pemangkasan tidak hanya berguna agar tampilan tanaman tetap cantik dan ideal. Pemangkasan juga berguna untuk kesehatan tanaman; seperti menyingkirkan bagian-bagian tanaman yang sakit agar bagian lainnya tidak rusak.


Source : sokkomb.com

Komentar

Postingan Populer