Menyelamatkan Tiny House dari Jamur

Tiny house sangat rentan terhadap masalah kelembaban yang mengarah pada pertumbuhan jamur, apalagi yang materialnya terbuat dari kayu. Mengontrol kelembaban dan kondensasi interior sangat penting dalam struktur apa pun, tetapi topik ini memiliki perhatian khusus bagi kita yang membangun dan tinggal di rumah-rumah kecil. Karena luas ruangan yang kita tinggali jauh lebih kecil, setiap kelembaban yang ditimbulkan memiliki efek lebih cepat dan lebih dalam pada bangunan, yang mengarah ke masalah serius seperti jamur. Sayangnya tidak ada satu solusi sederhana untuk semua masalah kondensasi karena ada banyak faktor yang dapat menyebabkan masalah. 

Pada artikel ini, kami membahas bagaimana cara menyelamatkan rumah mungil Anda dari masalah jamur dan kelembaban.

Menginstal Exhaust Fan Kamar mandi 
Exhaust Fan kamar mandi adalah cara yang bagus untuk mengurangi kelembapan. Namun, tanpa sakelar sensor kelembaban, kipas tersebut biasanya tidak melakukan tugasnya dengan baik. Kebanyakan orang membiarkan kipas angin menyala saat mereka mandi (dan mungkin saat mereka mengeringkan), tetapi itu kemungkinan besar tidak cukup efektif. 

Memasang sensor kelembaban sebagai pengganti sakelar kipas standar sangat meningkatkan efektivitas kipas karena saat kelembaban relatif dalam ruangan mencapai tingkat tertentu, kipas menyala secara otomatis. Sebaliknya, ketika kelembaban dalam ruangan Anda turun di bawah level yang ditetapkan, kipas mati. Tidak perlu menebak kapan level kelembapanya terlalu tinggi atau cukup rendah.

Menginstal Cooker Hood
Cooker hood atau penyedot asap dapur sangat penting di rumah mungil. Kami sering ditanya apakah benar-benar perlu memilikinya di rumah mungil karena ruangnya sangat kecil? Jawabannya iya. Anda tentunya ingin menghilangkan uap air yang berasal dari dapur ataupun kamar mandi dari sumbernya dan secepat mungkin. Semakin lama uap terebut berada di dalam rumah, semakin besar kemungkinan untuk mengembun dan menyebabkan masalah.

Kami sarankan Anda menyalakan Cooker hood sebelum menyalakan kompor dan membiarkannya menyala setidaknya lima menit . Banyak orang tidak menyadari bahwa pembakaran gas berkontribusi terhadap kelembapan interior sehingga menyalakan kipas sebelum alat gas dinyalakan adalah langkah sederhana dan cerdas.

Sesuatu yang perlu dipertimbangkan dengan Cooker hood adalah ruang yang disediakan untuk instalasi mereka. Karena dapur kadang-kadang ditempatkan di bawah loteng (loft) di tiny house, plafonnya lebih rendah daripada di rumah standar sehingga sangat perlu untuk menggunakan jasa profesional untuk memasangnya.

Perhatikan Lingkungan Lokasi Pembangunan Rumah 
Untuk anda yang saat ini sedang membangun atau dalam tahap perencanaan tiny house, pastikan untuk memahami cara memasang isolasi, penghalang uap, dan bungkus rumah dengan benar. Jika Anda tidak memperbaiki sistem pembangunan Anda, titik embun mungkin bisa timbul di dalam dinding Anda. Jika ya, Anda mungkin tidak menyadari jika ada masalah sampai terlambat. Pastikan bahwa setiap penghalang uap ditempatkan sesuai dengan kode dan spesifikasi pabrikan. Ada banyak kebingungan seputar penggunaan penghalang uap, bahkan di dalam industri itu sendiri, jadi pastikan Anda tahu apa yang harus digunakan dan bagaimana menggunakannya. 
Misalnya, jika menggunakan plastik sebagai penghalang uap, pastikan untuk memahami cara menutup sambungan dengan benar. Sebagian besar masalah kelembaban disebabkan oleh kebocoran udara, bukan difusi (proses kelembaban bergerak melalui bahan bangunan), jadi jika penghalang uap Anda memiliki celah di dalamnya, kebocoran udara dapat mendorong kelembaban melalui celah-celah itu dan menyebabkan masalah di dalam dinding rumah anda.

Area lain yang perlu dipertimbangkan adalah sakelar dan colokan lampu. Anda dapat membeli plester busa dan menempatkannya di bawah pelat penutup yang membantu menutup celah udara. Lubang colokan listrik dan sakelar sebenarnya merupakan sumber utama kebocoran udara di rumah, jadi ini adalah langkah mudah dan murah yang bisa Anda terapkan. 

Selain itu, Iklim juga memainkan peran besar dalam hal ini. Semakin dingin di luar, semakin buruk kondensasi interior. Ketika udara hangat / terkondisi bersentuhan dengan bingkai jendela yang dingin (atau area lain dengan insulasi yang tidak memadai), ia akan mengembun. Pastikan untuk merencanakan proyek Anda dengan baik sejak awal dengan memperhatikan kelembaban lingkungannya. 

Source : tinyhousebuild

Komentar

Postingan Populer