Ruang Kecil, Visi Besar: Ide Kreatif untuk Jendela Tiny House

Tinggal di rumah mungil tidak harus berarti mengorbankan keleluasaan untuk memandang ke luar rumah. Jendela bisa menjadi solusi untuk pemilik tiny house agar tidak merasa terperangkap di ruang yang sempit. Jendela bisa memberi ilusi ruang yang lebih besar dan memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam rumah. Berikut adalah beberapa ide untuk memasang jendela yang indah dan fungsional di rumah mungil impian Anda.


1. Memasang Jendela Dinding 
Pilih sisi rumah Anda yang memiliki tampilan terbaik dan jangan takut untuk berkreasi. Daripada membentuk suatu dinding solid, pertimbangkan untuk memasang jendela berkuran besar dari ujung bawah hingga atas dinding anda. Jendela ini sangat ideal untuk dipasang di dapur, ruang tamu, mini-office atau ruangan lain di mana Anda tidak keberatan berada di area yang terekspos

2. Menghemat Uang dengan Picture Windows 
Singkatnya, jendela ini adalah jendela yang tidak bisa dibuka.
Sesuaikan peletakan jendela ini rumah mungil Anda seperti di ruang tamu tepat di atas sofa Anda. Atau, tambahkan jendela kecil di kamar tidur Anda.
Biasanya harga picture windows lebih murah daripada jendela terbuka. Itu berarti Anda bisa memasangnya sebanyak mungkin. Hanya saja, jangan meletakkannya di area dengan kelembapan tinggi seperti kamar mandi Anda, karena Anda harus membuka jendela untuk ventilasi.

3. Gunakan Awning Windows di Loteng Anda
Desain A-frame dari banyak loteng rumah kecil membuat jendela tradisional menjadi tantangan. Anda mungkin tidak memiliki cukup ruang di atas dan di bawah bukaan jendela untuk mendorong panel ke atas atau ke bawah. Di sinilah jendela awning pas untuk dipasang.
Ini adalah jendela yang terbuka ke luar dengan sekali tekan, lalu menopang terbuka ketika Anda ingin angin sepoi-sepoi masuk.

4. Tambah Cahaya Masuk dengan Jendela Transom
Terutama di rumah mungil, selera pribadi pasti mengutamakan sentuhan kecil dan detail. Salah satunya adalah penambahan jendela transom di atas pintu atau diatas jendela yang ada. Ini adalah jendela sempit yang lebih tinggi dari ketinggian mata yang terletak tepat di bawah langit-langit rumah, biasanya dipasang di atas pintu atau di jendela yang lebih besar. Saat memasangnya di atas jendela lain, jendela transom menambah polesan dan ketinggian ke keseluruhan ruang.
Apakah jendela transom merupakan persyaratan dalam desain denah Anda? Tidak. Apakah mereka menambah banyak karakter dan pesona pada rumah mungil Anda? Benar.

5. Berkreasilah dengan Kaca Patri
Suka dengan ide rumah yang penuh jendela, tetapi juga menghargai dan mendambakan privasi? Coba ubah beberapa jendela menjadi jenis kaca patri.
Kaca patri atau stained glass cukup terkenal dan mudah dijumpai pada kaca – kaca jendela gereja atau bahkan masjid. Kaca ini cukup menarik perhatian setiap pasang mata mengingat warnanya yang beragam, sehingga ketika cahaya matahari melewati kaca ini, akan tercipta warna – warna yang beragam pula. Pembuatan kaca patri ini memerlukan perpaduan seni mewarnai, memotong, hingga merangkai panel – panel kaca berukuran kecil, lantas menyusunnya menjadi bentuk artistik. Jendela kaca patri idealnya dipasang di kamar mandi, kamar tidur, maupun di atas pintu depan rumah

6. Pasang Lapisan Shutter
Inilah saatnya Anda ingin agar jendela Anda terlindungi sebaik mungkin, dengan cara memasang shutter. Shutters dapat Anda buka tutup sesuai kebutuhan. Anda juga dapat menempelkan sepotong kayu lapis di atas jendela ini untuk tujuan yang sama.

source : tinyhouseexpedition.com

Komentar

Postingan Populer