Pentingnya Memilih Material Tiny House yang Tahan Lama

Sustainability atau keberlanjutan adalah masalah besar bagi rumah apa pun, terutama tiny house. Tiny House memiliki lebih sedikit ruang dan harus dapat memaksimalkan ruang itu dengan cara yang seefisien mungkin. Hal-hal seperti efisiensi energi dan pemeliharaan yang dapat menjadi beban di rumah besar, menjadi beban yang lebih besar di tiny house jika material yang digunakan saat pembangunan tidak diperhitungkan dengan matang.
 
1. Low-Maintenance Exterior
Perkembangan Teknologi telah sedikit meningkat dalam satu dekade terakhir. Di dunia saat ini, mudah untuk menemukan teknologi eksterior rumah dengan pemeliharaan rendah. Hal-hal seperti panel pelapis kayu yang dimodifikasi dan opsi pelapis kayu yang dimodifikasi lainnya yang dapat memastikan bahwa eksterior Anda tidak hanya bertahan lama, tetapi membutuhkan lebih sedikit perawatan. Saat ini pemilik tiny house lebih banyak memilih kayu yang telah dimodifikasi kualitasnya. Meskipun harganya sedikit lebih mahal daripada kayu biasa, namun hal ini bisa lebih menghemat uang untuk kedepannya karena biaya perawatannya jauh lebih rendah.

2. Material Tahan Udara Dan Kelembaban   
Udara dan kelembaban dapat menyebabkan berbagai masalah di tiny house. Jika rumah Anda tidak terisolasi dengan baik, maka kelembaban dapat menyebabkan hal-hal seperti jamur dan degradasi material rumah Anda. Ini jelas bukan hal yang baik, karena menangani kerusakan yang disebabkan oleh air bisa sangat mahal. 
Kerusakan yang disebabkan oleh udara sama-sama merusak, karena secara langsung mempengaruhi kesehatan Anda sendiri. Polutan udara dalam ruangan dapat dengan mudah menyebabkan alergi dan penyakit. 
Karena Anda tinggal di tiny house, Anda harus mengambil langkah-langkah aktif untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh udara dan kelembaban yang bisa memengaruhi rumah juga kesehatan Anda. 
 
3. Memilih Pondasi yang Tepat

Ini tidak perlu dikatakan lagi, tetapi memilih fondasi yang tepat adalah yang paling penting. Sebuah pondasi berkualitas tinggi memastikan bahwa rumah kecil Anda akan bertahan lama, dan itu akan membutuhkan perawatan minimal. 
Dalam beberapa tahun terakhir, rumah beton modern menjadi semakin populer - terutama dengan rumah yang lebih kecil - karena daya tahan dan kesinambungan beton yang luar biasa.

Salah satu hal hebat tentang beton adalah beton itu tahan terhadap kerusakan air dan udara, bersama dengan kerusakan akibat kebakaran. Mereka juga sangat hemat energi, dan relatif murah, terutama ketika Anda mempertimbangkan segudang penghematan yang akan terjadi, karena keberlanjutan dan efisiensi energi dari fondasi beton.

4. Sistem Drainase Yang Tepat
 
Sebagian besar pemilik rumah kecil akhirnya memperbaiki sistem drainase mereka berulang-ulang, karena kualitas yang buruk dari sistem drainase. Menghabiskan sedikit uang ekstra dan berinvestasi dalam sistem drainase yang tepat sangat penting. 
Ada berbagai jenis sistem drainase yang tersedia di pasaran untuk properti perumahan. Jika Anda memilih sistem drainase yang baik, maka itu akan bertahan bertahun-tahun.

5. Interior Ramah Lingkungan
Tidak hanya untuk eksterior, kayu yang dimodifikasi juga bisa digunakan untuk interior Tiny House Anda. Hal ini membutuhkan perawatan yang sangat sedikit dan terbuat dari bahan berkualitas yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Karena perkembangan dalam teknologi desain kayu interior, sebagian besar kayu yang dimodifikasi menjadi tahan terhadap rayap dan pembusukan kayu, yang meningkatkan masa pakainya serta menghemat waktu dan uang Anda untuk perbaikan.

Memilih material yang murah untuk menghemat anggaran pembangunan tiny house anda memang baik, namun jika anda ingin menetap di tiny house dalam waktu yang lama, alangkah baiknya anda mempertimbangkan untuk memilih material yang bagus dan juga tahan lama.

source : tinyhouseexpedition.com

Komentar

Postingan Populer