Gaya hidup minimalis ala pemilik Tiny House

Keluarga Brynn Burger yang terdiri dari 4 orang dan 1 anak anjing awalnya tinggal di rumah besar yang memiliki pekarangan seluas 15 hektar, memutuskan untuk menjalani gaya hidup minimalis di sebuah tiny house berukuran 27m2 sekitar enam bulan yang lalu. Sejak tinggal di sebuah Tiny house, mereka menyadari bahwa mereka diuntungkan dalam banyak hal yaitu lebih banyak waktu untuk keluarga, memiliki lebih sedikit barang - barang dan mereka bisa menghemat banyak uang. Bagamana bisa? Simak tips dari keluarga Brynn Burger tentang cara berhemat dengan menerapkan gaya hidup minimalis berikut ini

Gunakan Uang Tunai

Saat baru saja pindah, keluarga Brynn Burger harus mendaftar bank, alamat perubahan, kodepos baru. Setelah mendaftar akun bank, mereka membayar semua tagihan dengan pembayaran otomatis. Mereka menggunakan laba dari penjualan rumah lama mereka untuk melunasi seluruh utang mereka. Jadi, kita tahu bahwa setiap bulan, tagihan rutin mereka akan diurus setelah gaji disetorkan. Setelah itu, mereka menarik jumlah uang tunai yang telah ditetapkan untuk belanja bulanan, bahan bakar, dan pengeluaran rumah tangga lainnya.
Sejak saat itu mereka menggunakan uang tunai untuk membayar kebutuhan sehari hari. Mereka tetap menggunakan anggaran bulanan yang mereka putuskan untuk diperbarui bersama setiap bulan. Ini sebuah fata yang perlu anda ketahui bahwa ketika Anda harus benar-benar melihat uang tunai meninggalkan dompet Anda, Anda akan berpikir dua kali sebelum menggunakannya, berbeda dengan uang yang ada di dalam kartu debit yang biasanya tanpa berpikir panjang anda akan sukarela menghabiskannya saat itu juga karena mereka tidak terlihat.

Sedikit ruang = Lebih Sedikit Pengeluaran
Keluarga Brynn Burger tinggal di rumah seluas 27m2 , hal ini berarti tidak banyak ruang untuk empat orang dan seekor anjing. Oleh karena itu mereka sangat memanfaatkan semua tempat penyimpanan, rak, dan ruang vertikal secara maksimal. Saat anak mereka menginginkan lebih banyak mainan, dengan tegas Brynn menjadi sangat mudah untuk mengatakan kepada putranya bahwa dia tidak dapat memiliki banyak mainan karena terlalu besar atau tidak ada ruang cukup untuk meletakkannya. Bukankah itu alasan yang sangat masuk akal?

Gunakan Jasa Titip Untuk Belanja Bulanan
Saat menggunakan jasa titip untuk berbelanja, otomatis Brynn harus menyerahkan daftar belanja ke orang lain untuk membeli barang yang dibutuhkan. Hal ini berguna agar ia tidak tergoda untuk membeli barang tambahan karena sedang diskon, atau membeli camilan karena berbelanja saat kelaparan.

Hanya Penuhi Kebutuhan, Bukan Keinginan
Ketika Anda tinggal di sebuah Tiny House, istilah "kebutuhan" memiliki arti yang baru. Suaminya adalah pecinta aksesori seperti sepatu, kacamata hitam, dan ikat pinggang. Butuh waktu lebih lama untuk membersihkannya, karena masing-masing anggota keluarga memiliki sekitar 50 item termasuk pakaian, aksesoris dan sepatu. Jadi setelah Natal, mereka secara alami melakukan pembersihan seluruh rumah dengan cara menjual barang – barang yang sudah tidak dibutuhkan. Jika tidak, rumah mereka akan tetap dibanjiri dengan banyak barang.
Brynn menyadari bahwa ia dan keluarganya membutuhkan sedikit barang dan mereka menggunakan apa yang mereka punya. Anak-anak mereka tidak menginginkan lebih banyak mainan. Mereka hanya bermain dengan mainan yang mereka miliki. Brynn tidak merindukan koleksi baju lama yang sebelumnya sangat banyak dan saat ini suaminya hanya menyimpan 5 pasang sepatu yang ia sukai.
Pola pikir “less is more” atau sedikit barang lebih baik telah mengubah kebiasaan berbelanja mereka dan keluarga ini sangat menyukainya.

Sedikit Barang = Lebih Banyak Waktu
Ini adalah salah satu motivasi terbaik untuk menjalani gaya hidup minimalis. Menurut Brynn, memiliki barang yang lebih sedikit, lebih sedikit utang, dan lebih sedikit tanggungan di luar berarti Anda memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan apa yang ingin Anda lakukan.
Keluarga kecil mereka bisa membaca lebih banyak cerita sebelum tidur, menghabiskan lebih banyak waktu bersama dan melakukan hal-hal baru di luar rumah lebih banyak dalam enam bulan terakhir.
Anggaran yang gunakan untuk acara keluarga sederhana ini tidak membutuhkan banyak uang daripada melakukan perjalanan besar dan mewah atau pesta secara berlebihan.

Membeli Bahan Makanan di Pasar dan Petani
Brynn dan Suami kompak menerapkan gaya hidup sehat sehingga mereka sering berbelanja ke pasar atau membeli langsung dari petani dan melakukan yang terbaik untuk hidup sehat.
Selama musim panas, mereka membeli produk di pasar petani lokal karena banyak sekali makanan segar dan harganya lebih murah. Semuanya bisa ditawar dan orang-orangnya sangat ramah.

Penyederhanaan gaya hidup adalah bagian yang mudah. Namun, penyesuaian untuk benar-benar hidup sederhana dengan suami, dua anak di bawah 7 tahun dan seekor anjing dapat menjadi rumit pada saat – saat tertentu. Menghemat pengeluaran dan menjaga lingkungan menjadi sangat mudah jika bersungguh sungguh melakukannya.

source : tinyhouseblog.com

Komentar

Postingan Populer