29 Tips dan Trik Cerdas Untuk Penghuni Tiny House (Part 1)

Hanya karena Anda tinggal di tempat yang kecil tidak berarti harus merasa seperti benar benar tinggal di tempat yang sempit. Beberapa tips dan trik dibawah ini bisa membuat tiny house anda terasa lebih hidup dan lapang. Tetap teratur dalam tata ruang dan semua barang Anda bisa menemukan tempat yang pas di rumah mungil bukanlah hal yang mustahil jika Anda berkreasi dan mengatur perabotan di rumah mungil Anda, Mungkin saja Anda hanya membutuhkan lebih sedikit ruang daripada yang Anda pikirkan dengan tips dan trik dibawah ini:

1. Rak di dinding atas 
Ruang kosong di atas perabotan Anda dapat digunakan dengan cerdik dengan cara menambahkan rak sebagai tempat penyimpanan buku, bingkai, dan barang-barang lainnya yang tidak digunakan setiap hari. Rak tersebut bisa dipasang di dinding bagian atas sehingga tidak mempersempit ruangan lainnya di rumah anda. 

2. Meja Makan Kecil
Tidak ada ruang untuk meja makan? Letakkan meja di belakang sofa ruang tamu yang berada di samping dapur. Meja ini bisa berfungsi ganda sebagai meja makan atau meja kerja. Meja ini juga bisa menjadi tempat yang nyaman untuk meletakkan minuman saat Anda duduk di sofa. 

3. Penyimpanan tersembunyi dalam dinding 
Rumah kecil dan apartemen biasanya tidak memiliki banyak ruang penyimpanan. Bahkan menemukan tempat untuk meletakkan sebuah sapu bisa menjadi suatu tantangan. Anda bisa memanfaatkan dinding anda. Saya telah melihat beberapa contoh menerapan penyimpanan di dalam dinding. Barang – barang seperti perlengkapan mandi berukuran kecil, bumbu dapur, dan alat pembersih seperti sapu dan pel bisa diletakkan di dalamnya.

4. Rak Sudut
Jika Anda melihat-lihat rumah Anda, Anda mungkin akan terkejut melihat semua sudut ruang yang sama sekali tidak digunakan. Memasang rak sudut tidak hanya menciptakan ruang penyimpanan ekstra, namun juga bisa menjadi tempat yang menarik untuk memajang pernak pernik dan hiasan kecil Anda. 

5. Ruang belakang pintu
Jangan lupakan ruang mungil di balik pintu Anda! Ini sangat cocok untuk menggantung handuk tanpa memakan tempat di dinding Anda. 

6. Cermin Besar
Bagi ruangan berukuran besar atau kecil, cermin benar-benar bisa mengubah ruangan tersebut. Tidak hanya memantulkan lebih banyak cahaya, cermin besar juga bisa memberi ilusi bahwa ruangan tersebut jauh lebih besar dari yang sebenarnya. Selain itu cermin bisa digunakan sebagai penghias ruangan. 

7. Rak kecil di sudut dinding
Anda mungkin tidak memiliki ruang untuk meletakkan meja di samping tempat tidur, tapi rak kecil yang diletakkan di sudut tempat tidur setidaknya bisa memberi Anda tempat untuk meletakkan lampu kecil, menyimpan satu atau dua buku, atau tempat untuk meletakkan smartphone Anda. 

8. Rak di atas pintu
Cara ini bisa membuat kamar mandi kecil memiliki tempat penyimpanan ekstra dengan memanfaatkan ruang kosong yang tidak terpakai di atas pintu. Saya suka ide ini untuk menyimpan handuk dan tempat ini sulit dijangkau anak – anak sehingga anak – anak tidak bisa mengacaukan tempat penyimpanan handuk anda 

9. Di bawah Tempat Tidur
Menggunakan ruang di bawah tempat tidur Anda sebagai tempat penyimpanan adalah hal yang mudah. Anda bisa menggunakan kotak plastik yang berukuran minimal 2cm lebih pendek dari bagian bawah bingkai tempat tidur Anda. 




10. Tempat tidur Ottoman
Tempat tidur ottoman adalah tempat tidur atau ranjang susun yang dilengkapi dengan hidrolika lift gas yang berfungsi untuk mengangkat dasar kasur dimana pada bagian dalam kasur tersebut bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan tambahan. Tempat tidur Ottoman memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar daripada laci standar karena Anda dapat memanfaatkan sepenuhnya ruang penyimpanan di bawah tempat tidur. Tempat tidur Ottoman adalah pilihan cerdas untuk pemilik tiny house. 

11. Memanfaatkan ruang bawah tangga
Anda bisa mengubah ruang bawah tangga menjadi sesuatu yang bermanfaat seperti ruang penyimanan mini, meja kerja, atau ruang baca. 

12. Dinding geser
Terlalu banyak dinding di tiny house bisa membuatnya tampak lebih kecil, tapi bagaimana jika Anda memiliki dinding fleksibel yang bisa Anda geser terbuka atau tertutup berdasarkan kebutuhan Anda? Tutup saat Anda membutuhkan privasi atau waktu tenang, kemudian geser saja untuk menciptakan ruang terbuka yang lebih besar 

13. Modifikasi lemari menjadi furniture yang berbeda
Jika Anda memiliki ruangan yang tidak cukup besar untuk meletakkan furniture Anda, pertimbangkan untuk menggunakan ruang di dalam lemari sebagai pengganti furniture anda sebagai meja kerja, atau meja rias. Lepaskan saja pintu lemari dan gunakan setengah bagian atas untuk digunakan sebagai meja kerja atau meja rias 

14.Kotak penyimpanan di dinding
Di tiny house, Anda tidak bisa membiarkan ruang dinding tidak digunakan, terutama di kamar mandi dimana terkadang satu-satunya tempat untuk menyimpan handuk ada di bawah wastafel kotor. Untuk ide rak yang cepat, mudah, dan ringan, pertimbangkan untuk menggunakan keranjang yang ditempelkan di dinding. 

source : listotic.com

Komentar

Postingan Populer