Tips Menata Dapur Mungil Tanpa Lemari

Dapur kecil bisa sangat menyulitkan karena berbagai alasan. Meja sempit, berbagai jenis peralatan memasak, dan barang-barang dapur lainnya yang membutuhkan tempat penyimpanan yang tidak sedikit sering kali membuat pemiliknya merasa kesulitan menatanya. Namun dengan sedikit tips dan trik di bawah ini, Anda bisa mengubah dapur mungil Anda menjadi dapur idaman yang tertata rapi. Lupakan kenyataan bahwa Anda hanya memiliki dua laci dan ruang kosong di bawah wastafel, karena masih banyak cara untuk membuat lebih banyak ruang penyimpanan. Berikut ini merupakan ide - ide favorit agar dapur Anda tetap teratur meskipun anda tidak memiliki banyak kabinet.

1. Gunakan rak penyimpanan beroda dengan cerdas
Jika anda belum terbiasa dengan penyimpanan portable, maka sekarang saatnya untuk membiasakannya. Bentuknya yang super cute dan harga yang terjangkau, rak beroda bisa menjadi alternatif penyimpanan segala sesuatu mulai dari bumbu dapur,pembersih dapur, dan bisa diletakkan di mana saja di dapur Anda (atau di tempat lain).

2. Tambahkan rak susun di atas lemari Anda 
Sesuatu yang sederhana seperti rak susun bisa menambah kesan rapi atau malah mengacaukan penyimpanan Anda jika tidak dikelola dengan baik. Rak susun adalah cara yang mudah dan murah untuk menciptakan ruang ekstra pada lemari Anda tanpa menghabiskan ruang tambahan.

3. Tambahkan partisi di dalam laci Anda
Selain membuat laci Anda lebih terorganisir, tempat penyimpanan ini adalah cara yang bagus sebagai alternatif ruang penyimpanan ekstra di dapur yang sempit. Tempelkan label sesuai benda yang ada di masing – masing partisi seperti pada gambar dan simpan beberapa bahan makanan, sendok, garpu, dan semua barang kecil lainnya.

4. Gunakan beberapa penggantung tirai
Siapa yang bisa menduga bahwa penggantung tirai bisa menjadi benda yang begitu multi fungsi? Pasang beberapa penggantung tirai di dinding dapur sebagai tempat untuk meletakkan panci favorit Anda 

5. Buat dinding pegboard
Pegboard adalah cara yang bagus untuk tetap teratur saat Anda tidak memiliki lemari di dapur Anda. 
Pegboard atau papan pasak merupakan papan dengan lubang – lubang kecil yang tesebar secara merata dan teratur. Lubang – lubang inilah yang berperan menggantikan lubang paku di dinding. Sehingga pegboard bisa menjadi solusi ideal untuk menyimpan peralatan memasak berukuran besar. Selain itu dinding pegboard bisa digunakan untuk menggantung banyak barang – barang dapur dan membuat dinding dapur mungil anda lebih cantik jika ditata dengan rapi.

6. Gunakan rak terbuka
Rak terbuka bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan barang – barang dapur saat Anda kekurangan kabinet. Tempatkan di sepanjang dinding dapur, dan pamerkan semua peralatan makan keren Anda.

7. Simpan peralatan makan di rak dinding
Anda dapat menggunakannya sebagai rak untuk mengeringkan peralatan makan atau untuk penyimpanan tambahan. Rak yang dipasang di dinding bisa memperindah tampilan dapur mungil anda jika ditata dengan baik.

source : apartmenttherapy

Komentar

Postingan Populer