5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Menata Rumah Mungil

Dalam buku One half of The Block yang ditulis oleh Glasshouse’s winning duo, Shannon Vos of VosCreative, dijabarkan lima kesalahan besar pemilik tiny house saat menata rumah mungil mereka, antara lain:

1.   Kurang Pencahayaan
Rumah berukuran kecil bukannlah sebuah masalah, tapi rumah kecil dan gelap adalah masalah besar. Hampir tidak ada yang bisa untuk mengubah ruangan menjadi lebih indah dan lapang selain pencahayaan yang baik, namun saya terlalu sering melihat orang-orang mengabaikan salah satu elemen desain yang paling penting ini.
Setiap ruangan di rumah mungil memerlukan pencahayaan yang cukup. Cahaya dari berbagai sumber bisa memberikan ilusi ruang. Cahaya yang masuk dari langit-langit atau yang dipantulkan di dinding dan dengan beberapa sumber pencahayaan lainnya, bisa memberi kesan yang berbeda di ruangan tersebut dan membuatnya tampak lebih besar. Biarkan sinar matahari masuk ke dalam rumah mungil anda.

2. Dinding Kosong
Luas permukaan terbesar di ruangan manapun (terutama yang kecil) adalah dindingnya, dan terlalu banyak dari pemilik rumah mungil membiarkan dinding rumahnya kosong. Saya mengerti, Anda mungkin takut mengisi dinding dengan apapun yang secara otomatis akan membuat ruangan terasa lebih kecil. Solusi cerdas yang bisa dilakukan adalah menggantung foto, lukisan atau pajangan lainnya. Tapi pastikan benda yang akan digantung tersebut  'terang secara visual'. Jangan memilih benda yang akan memberi kesan sempit di rumah mungil Anda . Carilah pajangan monokromatik atau berbasis teks karena tidak memiliki 'bobot' daripada lukisan yang berani dan berwarna-warni. Selain itu, gunakan dinding Anda untuk menambah ruang penyimpanan di rumah mungil anda. Rak, lemari bahkan pegboard sederhana bisa digunakan untuk tempat penyimpanan barang dan bisa memperindah dinding rumah mungil anda jika ditata dengan rapi.

3. Furniture Mini
Pemilik tiny house sering membuat kesalahan dengan membuat versi miniatur dari ruangan yang lebih besar yang benar-benar kita inginkan. Mulai sekarang hentikan kebiasaan ini. Kenali ruang anda. Sebuah ruangan kecil dengan karpet kecil dan sofa kecil mungil adalah kombinasi yang mengerikan. Anda akan menciptakan ruang yang terasa sempit, dan saya berani bertaruh Anda tidak benar-benar membutuhkan segala sesuatu yang dimiliki ruangan yang lebih besar. Pilihlah furniture yang Anda butuhkan, meskipun ukurannya besar, hal itu bukanlah  masalah selama anda membutuhkannya dan ciptakan ruangan sesuai imajinasi Anda. Sofa besar bisa cukup  ditempatkan di rumah mungil anda dan menggunakan perabot besar bisa membuat ruang terasa lebih besar jika anda tidak berlebihan dalam membelinya. Selain itu, jangan mendorong semua perabotan Anda terlalu rapat ke dinding. Hal ini bisa membuat ruangan yang sudah nyaman terasa lebih terbatas. Bahkan beberapa inci ruang antara sofa dan dinding bisa memberi ilusi bahwa ruangan itu memiliki kemewahan

4. Membuang Semua Barang – Barang
Memilah barang bukan berarti membuang semua arang – barang anda. Mungkin barang – barang lama yang sudah amat jarang digunakan memang perlu disingkirkan dari rumah mungil anda. Selain itu, pajangan – pajangan yang berlebihan dan  tidak begitu penting untuk kehidupan anda sehari – hari di rumah mungil mungkin bisa dijual kembali. Barang yang menumpuk di rumah mungil bisa dengan mudah menciptakan kekacauan dan membuat rumah Anda terasa lebih kecil dari yang sebenarnya. Kontrol barang – barang anda, pilih barang yang benar benar dibutuhkan untuk ditempatkan di rumah mungil.

5. Mitos Warna Putih
Mengecat ruangan dengan warna putih itu aman, tetapi juga membosankan. Sementara aturan umumnya adalahndinding dan lantai yang berwarna lebih ringan memberi ilusi ruang lebih lapang. Untuk melakukan ini anda perlu menciptakan perbedaan tone warna di rumah mungil anda. Furniture kayu duco digabung dengan dinding abu abu, langit-langit putih dan tirai berwarna pastel, di mana semua tone warna pada umumnya ringan dan tidak semuanya berwarna putih bisa memberi kesan hangat dan indah pada rumah mungil anda. Anda juga bisa menambah wallpaper atau tekstur di dinding anda. Jadilah pemilik rumah mungil yang kreatif.


source: insideout.com

Komentar

Postingan Populer