Splow House: Rumah Mungil Istimewa Karya Anak Bangsa




image source : delution

Jika dilihat dari tampak depan, rumah ini tidak jauh berbeda dari rumah di sekitarnya. Masyarakat yang melihatnya pasti mengira bahwa rumah ini hanya rumah berlantai 2 biasa. Namun siapa sangka, rumah yang disebut splow house ini sudah meraih penghargaan arsitektur tingkat internasional.

image source : delution


image source : delution

Splow house adalah singkatan dari split grow house yang dibangun di atas lahan 120 m2 di daerah Tebet, Jakarta Selatan, Indonesia pada tahun 2015 oleh arsitek asal indonesia, Delution architect. Konsep Split yang diterapkan oleh arsitek mampu menciptakan jenis lantai yang terhitung ½ (setengah) dimana dimulai dari lantai 1/2, lantai 1, lantai 1.5, lantai 2 dan lantai 2.5 dimana setiap lantai terdiri dari susunan fungsi ruang tersendiri yang bisa diatur penyelesaian konstruksinya tergantung dari budget klient sehingga rumah ini nantinya bisa tumbuh (dibangun) lebih tinggi lagi seiring dengan kemampuan budget dari klient. Konsep split digunakan agar rumah yang dari dalam berlantai 3 terlihat seperti berlantai 2 jika dilihat dari luar sehingga tidak terlalu mencolok dibandingkan rumah lain disekitarnya.

image source : delution

Bangunan yang memiliki luas 90m2 ini juga memiliki gang 1m di bagian depan hingga belakang sebagai sumber udara dan cahaya alternatif agar sirkulasi yang dihasilkan semakin maksimal, sehingga udara yang masuk dapat teralirkan keluar secara optimal. Gang 1m ini juga bersifat multifungsi untuk menyimpan benda - benda tertentu seperti pompa air, sepeda, dan barang - barang outdoor lainnya serta dapat menjadi pintu masuk samping rumah ini yang diperuntukan untuk asisten rumah tangga.

image source : delution

Splow house karya Delution Architect mendapat penghargaan Architizer A+ Awards 2017 untuk kategori Arsitektur dan Hunian Kecil versi Public Choice. Architizer A+ Awards merupakan program penghargaan arsitek terbesar di dunia yang diberikan kepada pencipta produk-produk arsitektur di dunia. Program ini bertujuan menciptakan kesadaran akan pentingnya arsitektur kepada masyarakat. Bahwa arsitek dalam hal ini berkontribusi banyak di setiap jengkal dan tempat bagi orang-orang yang tinggal di dalam bangunan rancangannya.

source : delution | goodnewsfromindonesia







Komentar

Postingan Populer