Downsizing : Solusi untuk Berdaptasi di Lingkungan Tiny House

Image source : cdn.thinglink.me

Banyak orang tinggal di rumah mungil / Tiny House untuk mengurangi biaya hidup, membayar hutang lebih cepat, dan menikmati cara hidup yang lebih sederhana.
Tentu saja, berpindah ke rumah mungil untuk sebagian besar orang tidak sesederhana seperti yang dibayangkan. Anda tidak hanya mengubah tempat tinggal Anda, tetapi Anda mengubah cara hidup Anda. Entah Anda orang berusia 20an yang melunasi hutang pinjaman mahasiswa, atau pensiunan yang ingin berhemat, pindah ke rumah mungil adalah transisi yang menantang bagi semua orang.
Simak beberapa tip dan strategi untuk mempersiapkan Anda pindah ke rumah mungil berikut ini :

Pola Pikir Downsizing
Downsizing untuk pindah ke rumah mungil bisa jadi sulit. Anda perlu mengambil banyak keputusan penting tentang barang-barang Anda. Yang pasti, ruang yang nantinya lebih kecil tidak akan sesuai dengan semua barang milik Anda yang saat ini Anda simpan di tempat yang lebih luas. Jadi apa yang akan Anda lakukan dengan semua itu?
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyesuaikan pola pikir Anda. Mulailah melihat barang-barang Anda dengan cara baru. Begini caranya:
  1. Keinginan vs Kebutuhan  Berapa banyak barang Anda yang benar-benar Anda butuhkan, dan berapa banyak yang Anda inginkan? Bayangkan semua yang Anda miliki tiba-tiba hilang dalam api. Apa yang akan Anda ganti? Barag apa yang amat sangat penting dan anda rela melakukan apa saja demi memilikinya? Inilah hal-hal yang Anda butuhkan dan yang lain hanya baik untuk dimiliki. Saat Anda berhemat untuk pindah ke rumah mungil, pastikan Anda tahu bedanya.
  2. Utilitas vs Hiburan
    Ada beberapa item yang tidak begitu diperlukan, tapi Anda juga tidak ingin menyingkirkannya. Misalnya foto-foto Anda, kotak kenangan memorabilia masa kecil, semua buku berharga di rak buku Anda, atau barang lain yang Anda sukai. Jenis item ini tidak benar-benar berfungsi sebagai utilitas, melainkan membuat Anda senang atau menyimpan kenangan Anda.
    Meskipun penting untuk fokus menyingkirkan hal-hal yang tidak Anda butuhkan, tidak berarti Anda harus menyingkirkan semuanya. Mungkin sebagian besar orang  tidak membutuhkan TV, tapi banyak orang memilikinya meskipun hanya 1 TV di dalam rumah karena tidak mungkin pemilik Tiny House sampai memiliki 4 TV di dalam rumah hanya untuk sekedar hiburan.
  3. Aturan 80/20
       Bila Anda memilah barang-barang Anda, sebaiknya Anda mempertimbangkan peraturan 80/20. Aturan 80/20, juga dikenal sebagai prinsip Pareto, menyatakan bahwa dalam banyak keadaan kira-kira 80 persen efeknya berasal dari 20 persen penyebabnya. Misalnya, kita sering menghabiskan 80 persen waktu kita memakai 20 persen dari pakaian yang kita miliki. Jika kita menyingkirkan sebagian besar pakaian yang tidak kita pakai, kita menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mencuci pakaian dan memutuskan apa yang harus dipakai setiap pagi. Kami juga menghabiskan lebih sedikit uang untuk membeli pakaian.

Langkah - Langkah Downsizing
Waktunya beres - beres! Pastikan Anda memiliki banyak waktu untuk mengurangi barang bawaan Anda dan beralih ke rumah yang lebih kecil. Memutuskan apa yang harus dimiliki, apa yang harus disingkirkan, dan bagaimana mengatur tata letaknyanya adalah proses yang akan memakan waktu lebih lama dari perkiraan Anda. Seperti yang mereka katakan, Anda tidak pernah menyadari berapa banyak barang yang Anda miliki sampai Anda harus pindah
Mari kita mulai!
  1. Lakukan inventarisasi
    Langkah pertama adalah melakukan inventarisasi semua hal yang anda punya. Anda bisa sangat teliti tentang ini jika Anda mau.
  2.  Pergi ke kamar – kamar di dalam rumah
        Setelah Anda memiliki rencana umum, saatnya untuk memecah proyek downsizing Anda menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. Kenali kamar rumah Anda. Kamar mana yang harus diputuskan terlebih dahulu, dan ambillah satu ruangan pada satu waktu. Jika Anda merasa terbebani, sempitkan cakupan proyek. Mulailah dengan satu laci, satu rak, atau satu sudut meja Anda. Sedikit demi sedikit Anda akan membuat kemajuan.
  3. Menyortir
        Langkah selanjutnya adalah memilah barang- barang Anda berdasarkan tindakan yang akan Anda ambil. Intinya, barang Anda akan termasuk dalam salah satu kategori berikut:
Simpan
Pastikan barang apa pun yang Anda pilih agar sesuai dengan rumah baru Anda yang lebih kecil. Jika perlu, gunakan jasa konsultasi dan interior desainer seperti Leilinor Architect
Jual Item yang masih bisa anda jual secara online atau di garage sale.
Sumbang Item yang masih layak pakai dan dapat Anda sumbangkan ke yayasan atau ke orang lain yang lebih membutuhkan
Buang Item yang tidak bisa dijual atau disumbangkan harus didaur ulang jika memungkinkan atau dibuang ke dalam tempat sampah.
Simpan barang tertantu sebagai cadangan
Item yang ingin Anda simpan tapi tidak segera anda pindah ke tempat tinggal baru Anda.

Manfaat Besar Downsizing
Lihatlah barang-barang Anda selama proses inventarisasi, dan identifikasi beberapa area untuk dipusatkan pada:
  •  Lemari pakaian
    Jika Anda seperti kebanyakan orang biasa, lemari pakaian Anda mungkin diisi dengan pakaian. Begitu banyak orang tidak berpikir dua kali untuk membeli baju baru apakah mereka benar-benar membutuhkannya atau tidak. Ada orang yang membeli lebih sedikit, tetapi pakaian tersebut berkualitas lebih tinggi daripada membeli banyak pakaian murah namun kualitasnya rendah. Anda dapat memiliki lemari pakaian yang sangat bergaya dan serbaguna dengan item sesedikit mungkin. Intinya adalah bahwa kemungkinan Anda memiliki lebih banyak pakaian daripada yang Anda butuhkan di lemari pakaian Anda. Anda bisa menjual, menyumbangkan, mendaur ulang, atau membuang pakaian yang tidak Anda gunakan karena lemari di Tiny House anda nantinya tidak akan cukup untuk menampung semua pakaian di lemari besar anda.
  • Barang Elektronik 
    Banyak orang memiliki laci atau lemari penuh barang elektronik tua. TV, speaker, handphone, dan komputer yang dulu sudah rusak atau tidak layak digunakan akan tersimpan di sana meskipun sudah digantikan dengan model yang lebih baru. Bersihkan beberapa ruang lemari dan daur ulang atau sumbangkan barang elektronik lama Anda
  • CD dan DVD
    CD dan DVD sangat jarang digunakan akhir-akhir ini. Karena di zaman sekarang, orang – orang modern lebih suka mendengarkan musik atau menonton film streaming dari sumber online seperti Spotify atau Netflix. Sudah waktunya untuk menyingkirkan CD dan DVD Anda. Jika ada konten CD atau DVD yang sangat penting, pindahkan isinya ke harddrive komputer sebelum Anda membuangnya.
  • Buku
    Memiliki banyak buku bisa menghabiskan banyak ruang. Buku memang terlihat bagus jika diletakkan di rak buku, namun tidak banyak ruang untuk rak buku di dalam Tiny House. Simpanlah buku-buku yang tidak bisa Anda buang, dan jual atau sumbang sisanya.
Metode "Packing Party"
Ingin cara praktis untuk proses downsizing anda? Cobalah metode packing party. Metode packing party dipopulerkan oleh Ryan Nicodemus dan Joshua Fields Millburn dari The Minimalists sebagai cara untuk menyederhanakan barang-barang dan kehidupan Anda.
Inilah yang Anda lakukan:
1.    Kumpulkan semua barang Anda di dalam kotak
2.    Keluarkan barang hanya jika Anda membutuhkannya.
3.    Lanjutkan membongkar barang hanya sesuai kebutuhan selama jangka waktu tertentu, seperti dua sampai empat minggu.
4.    Pada akhir periode waktu, lihat semua hal yang tidak pernah Anda gunakan dan singkirkan mereka.
Seiring waktu, Anda akan mengidentifikasi barang-barang mana yang sebenarnya Anda gunakan. Anda mungkin akan membongkar dan menggunakan barang seperti perlengkapan mandi, pakaian untuk pekerjaan dan akhir pekan, alat memasak, dll.
Ketika Anda kembali ke kotak barang Anda di akhir percobaan, mungkin Anda akan terkejut dengan semua hal yang Anda lupakan! Itu mungkin pertanda baik bahwa tidak tidak masalah jika anda menyingkirkannya.

Hanya Anda yang bisa tahu apakah Anda benar-benar perlu menyimpan suatu barang, atau membuangnya. Kuncinya adalah jujur ​​dengan diri sendiri.

Sumber :
urbinattic

Komentar

Postingan Populer